Table of Content

Free Hit Counter

Minggu, 06 Maret 2011

Teknologi Komunikasi

Dalam rangka memenuhi tugas mata kuliah Teknologi Komunikasi saya membuat sebuah tulisan tentang Teknologi Komunikasi.

Definisi Teknologi  :Teknologi adalah sebuah disain untuk tindakan instrumental yang mengurangi ketidakpastian dalam hubungan sebab-akibat dalam mencapai hasil yang diinginkan.Dalam suatu hubungan selalu tidak ada yang pasti, oleh karena itu orang selalu berusaha untuk mengurangi ketidakpastian tersebutuntuk menjadi lebih baik lagi.Inovasi teknologi esensial untuk pembangunan manusia. Teknologi tidak berarti selalu baik/buruk, namun tergantung bagaimana menggunakannya. 


Perkembangan Evolusi Teknologi Komunikasi
  • Era menulis           
Pada Era ini, terlihat jelas bahwa era komunikasi dimulai dengan tulisan yang mulai bisa dipahami yang dipelopori oleh bangsa Sumeria.  Hal ini dikembangkan lebih jauh saat ditemukannya mesin cetak oleh Gutenberg (1850). Walau demikian pada masa-masa awal penggunaan mesin cetak itu hanyalah untuk mengkopi kitab yang sebelumnya telah ditulis tangan oleh kalangan gereja dan tersebar sangat terbatas hingga masa renaisance. Berikut adalah contohnya : bangsa Sumeria menulis di tanah liat, Korea menulis di logam, China menulis di kertas. 

  • Era mencetak                    
Rogers memaparkan bahwa fase ini komunikasi manusia lebih maju dengan memanfaatkan teknologi cetak.  Pada mulanya kemunculan bahan cetak ini berawal dari Cina dengan ditemukannya bahan baku pembuatan kertas. Selanjutnya teknologi pencetakan mulai berkembang dari Cina kemudian Korea hingga akhirnya ke Jerman dengan ditemukannya mesin cetak.  Kemajuan yang berkesinambungan dari canggihnya teknologi percetakan ini ditunjukkan pada 3 September 1883 saat dimana Bejamin Day untuk pertama kalinya menerbitkan surat kabar New York Sun atau dikenal juga dengan sebutan  “Penny Press” (1833) karena harga satu ekslempar surat kabar tersebut seharga satu penny atau satu sen. 

  • Era telekomunikasi           
Berimplikasi pada pengertian komunikasi dengan jarak yang berjauhan (communication at a long distance). Menurut Rogers (1986: 29-30) pada era  yang mulai berkembang pesat pada medium tahun 1800-an ini memasuki era teknologi elektronika. Rogers memulai era ini dengan mengambil moment pada saat  Samuel Morse pada tanggal 24 Mei 1844 menemukan suatu cara menyampaikan pesan melalui  kabel elektronika, belakangan dikenal dengan istilah telegraph,  dari Baltimore ke Washington DC dengan pesan yang sangat terkenal “What hath God Wrought?”.  Kehadiran telegraph memicu para ahli untuk mengembangkan teknologi yang lebih baru, antara lain radio dan televisi. 

  • Era komunikasi interaktif
Merupakan era yang paling kontemporer dimana telekomunikasi terjadi antara dua media yang berbeda dan difasilitasi dengan keberadaan komputer. Rogers mencatat era ini berawal dari ditemukannya ENIAC, sebutan untuk perangkat kerja komputer sederhana yang memiliki lebih dari 18.000 tabung lampu vacuum, di tahun 1946 oleh sekelompok ilmuwan di Universitas Pensylvania.  Sepertiga abad kemudian penemuan sederhana ini menghasilkan perangkat yang lebih kecil, lebih canggih dan lebih fleksibel dalam penggunaannya.

Perkembangan Mesin cetak 
  • Mesin Cetak Gutenberg
Pada tahun 1846 ditemukan rotary press pertama yang merupakan kemajuan yang signifikan dalam industri percetakan. Rotary press menggunakan cetakan huruf berbentuk silinder yang berotasi sehingga memungkinkan untuk mencetak pada kedua sisi gulungan kertas. Pada akhir abad 19 sebuah mesin cetak dapat mencetak puluhan ribu kopi per jam.

  • Mesin Cetak Sheet / Negative Film
Pada periode 1860an, bangsa Perancis menemukan litography yaitu proses percetakan dengan cetakan bahan kimia yang menggantikan metode sebelumnya, yaitu engraving. Tahun 1890an, fotografi direproduksi secara rutin dalam jangkauan publikasi media cetak yang luas. Hal ini terjadi karena adanya proses photoengraving yaitu dengan mencetak suatu gambar secara kimia melalui lempengan logam dengan proses fotografis. Pasca perang dunia ke-2, proses percetakan menggunakan offset printing mulai diperkenalkan dan digunakan terus sampai sekarang karena kualitas, kecepatan dan lebih ekonomis. Caranya yaitu dengan mengambil gambar keseluruhan halaman kemudian dikirim ke lempengan logam. Lempengan logam ini membuat bentuk tertentu yang akan dilalui tinta, dikirim ke gulungan karet baru kemudian tercetak di atas kertas,

  • Web Printing -> saat ini
Publikasi Pada Era Informasi Pada tahun 1960, komputerisasi mulai memimpin berbagai perubahan di dalam lingkungan media cetak.  Pada awalnya, komputer  hanya digunakan sebagai asisten kerja bagi seorang pengetik. Pada tahun 1970an, komputer menggantikan mesin tik. Pada komputer, teks atau tulisan ditransformasikan secara langsung menjadi film fotografi yang ditransfer kedalam piringan logam. Komputerisasi membuat fotografi bersifat digital, sehingga foto tersebut dapat diedit dan ditempatkan secara elektronik.
Saat ini teknologi fotokopi sempat membuat teknologi percetakan seakan tak berarti, paling tidak dalam level aplikasi yang rendah. Pada percetakan, seseorang harus mencetak beberapa lembar naskah yang berarti bahwa ia harus mengeluarkan biaya percetakan, sedangkan dengan mesin fotokopi, hanya dengan mengkopi naskah, seseorang dapat menghemat biaya.  Inovasi  dalam era informasi lainnya adalah custom publishing, yang bermanfaat pada fleksibilitas publikasi berbasis komputer untuk mencetak bagian dari sebuah buku yang hendak dicetak dengan tujuan tertentu.
Custom publishing saat ini telah berkembang menjadi teknologi print-on-demand, yaitu usaha mencetak seluruh isi buku yang telah dipesan oleh pelanggan.  E-Publishing Efek perkembangan teknologi komputer dalam penerbitan literatur, contohnya dengan software, sangat menghemat waktu dan tenaga. Salah satunya adalah internet, teknologi ini memiliki dampak yang sangat besar terhadap perkembangan penerbitan literatur. Internet digunakan sebagai sarana transaksi perdagangan (e-commerce).

0 comments:

Poskan Komentar